Hasta El Final - Vamos Real !!

Hasta El Final - Vamos Real !!

Preview Para Calon Lawan Real Madrid di Fase 16 Besar Liga Champions 2013-2014



Fase grup Liga Champions Eropa sudah berakhir kamis kemarin dan telah terpilih 16 tim yang akan bersua di fase knock out. Real Madrid sebagai juara grup tidak akan bertemu dengan juara grup lain dan tidak akan bertemu juga dengan tim dari satu negara dan tim yang pernah bertemu dengan mereka saat fase grup. 

Los Merengues yang dalam 3 edisi terkahir kompetisi tertinggi di Eropa ini selalu mencapai semifinal tentu tidak ingin kembali gagal untuk ke - 4 kali nya. "Target kami masih sama yaitu masuk final di kompetisi ini." Begitu ujar Alvaro Arbeloa. La Decima tentu akan selalu jadi obsesi bagi si putih, karena sudah hampir 12 tahun lama nya mereka menunggu untuk meraiih si "kuping Besar" ini. 

Nah! saya mencoba menulis beberapa preview calon - calon lawan Real Madrid di fase 16 besar ini. Berikut ulasan nya :

vs Bayer Leverkusen
Wakil Jerman ini terakhir kali bertemu pada tahun 2004 di fase grup Liga Champions musim 2004-2005 tepat nya di grup B. 2 kali bertemu ( home dan away ) Real Madrid kalah saat pertemuan pertama dengan skor 3-0 dan bermain imbang 1-1 saat Los Blancos berrtindak sebagai tuan rumah. Barangkali memori indah bagi Real Madrid saat bersua dengan Bayer Leverkusen adalah saat final Liga Champions 2002 dimana Real Madrid memenangi laga tersebut dengan ditandai gol spektakuler Zinedine Zidane sekaligus berhasil meraih La Novena ( gelar ke - 9 ). Bayer Leverkusen sendiri menjadi runner - up  grup A di bawah Manchester United dan mampu melewati hadangan wakil Spanyol, Real Sociedad serta wakil ukraina Shaktar Donetsk. Bukan lawan yang mudah karena mereka punya barisan penyerang mumpumi di dalam diri Stefan Kiesling serta pemain belakang berpengalaman asal Bosnia - Herzegovina Emir Sapic. Namun untuk lawan yang satu ini Real Madrid punya peluang lebih besar untuk lolos ke fase 8 besar.

Total Pertemuan Real Madrid dengan Bayer Leverkusen selama di Liga Champions
( 7 kali bertemu, Real Madrid menang 4 kali, seri 1 kali dan sisanya berbagi angka sama ) dimana Real Madrid mencetak 15 gol dan kemasukan 11 gol.


Vs. Olympiakos
Klub "medioker" Eropa yang selalu jadi langganan Liga Champions ini berhasil lolos ke fase 16 besar menemani Paris Saint Germain dan melewati hadangan klub kuat asal Portugal, Benfica dan klub asal Belgia Anderlecht.  Tim asuhan Michel ini bisa jadi salah satu kuda hitam di kompetisi elit Eropa dan juga diisi oleh eks punggawa Real Madrid, Javier Saviola. Los Merengues juga patut mewaspadai penyerang bertubuh gempal asal Yunani, Kostas Mitroglou yang sudah mengoleksi 3 gol dan 1 assist dari 5 kali bermain selama di fase grup. Terakhir kali Real Madrid bertemu dengan Olympiakos yaitu saat fase grup Liga Champions musim 2007-2008 di grup C yang berkahir tanpa gol setelah sebelum nya saat di Bernabeu Real Madrid berhasil mengalahkan mereka dengan skor 4-2.

Total pertemuan Real Madrid dengan Olimpiakos selama di Liga Champions ( 8 kali bertanding, Real Madrid 4 kali menang, 3 kali seri dan sisanya 1 kali Real Madrid mengalami kekalahan ) dengan 18 kali memasukan dan 9 kali kemasukan.

Olympiakos sama seperti Leverkusen, akan jadi batu sandungan saja dan Real Madrid akan lolos ke 8 besar Liga Champions.


Vs. Schalke 04
Klub yang pernah di perkuat pangeran Real Madrid, Raul Gonzales ini juga sebenar nya punya tradisi bagus di kompetisi Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir ini dan selalu jadi batu sandungan bagi klub - klub elit Eropa Lain nya. Schalke masih mengandalkan muka - muka lama seperti Jeferson Farfan, Papadoupoulus dan juga kiper gaek Timo Hilderbrand ditambah muka baru seperti Kevin Prince Boateng serta pemain muda berbakat Julian Draxler akan jadi kombinasi yang cukup menyulitkan tentunya.

Real Madrid dan Scahlke belum pernah bertemu sama sekali di kompetisi Eropa, jadi ini akan jadi pertemuan pertama mereka. Tentunya ini akan jadi pertandingan menarik.


Vs. Manchester City
 Ini adalah salah satu partai yang paling dinantikan oleh banyak pencinta Sepakbola, dua klub kaya yang akan bersua dengan berisi muatan nostalgia tentunya. Ada pelatih The Citizen, Manuel Pellegrini yang pernah melatih Real Madrid di musim 2009 - 2010 serta Alvaro Negredo, Stiriker Manchester City yang juga lulusan akademi sepakbola Real Madrid dan pernah beberapa tahun berada di tim utama. Real Madrid tentu tidak boleh menganggap remeh calon lawan yang satu ini karena musim lalu juga mereka sempat meyulitkan di fase grup Liga Champion, 2 kali mereka mampu unggul sebelum akhirnya di selamatkan oleh gol Cristiano Ronaldo di menit - menit akhir pertandingan. Selain itu, Manchester City juga dihuni oleh beberapa pemain yang pernah merumput di Liga Spanyol seperti David Silva, Kun Aguero dan Jesus Navas, tentunya ini akan jadi modal tambahan bagi The Citizen.

Ini tentunya akan jadi ujian yang cukup berat bagi Real Madrid, namun pengalaman yang akan berbicara disini. Entrenador Real Madrid, Carlo Ancelotti tentunya sudah cukup paham dengan gaya bermain City, mengingat Don Carlo pernah melatih Chelsea.

Real Madrid baru bertemu 2 kali dengan Manchester City di Liga Champions, tepatnya musim lalu di fase grup Liga Champions. Saat di Bernabeu, Real Madrid mampu unggul dengan skor tipis 3-2 dan saat bertandang ke Etihad Stadium skor akhir 1-1 ( 1 kali menang dan 1 kali seri dari 2 kali pertemuan ). 


Vs. Arsenal
Mungkin laga ini boleh kita sebut sebagai laga "Mantan Terindah" sebuah judul lagu dari grup band kenamaan di Indonesia, Kahitna. Namun bukan lagu itu tentunya yang akan kita bahas disini, tetapi lebih kepada nostalgia pertandingan ini. Ya, Mesut Ozil akan jadi sorotan disini, mengingat ia pernah berbaju Real Madrid dari medio 2010-2013. Tiga tahun yang indah bersama sang "Mantan" yang tentunya juga dirasakan oleh Ozil sendiri akan jadi bumbu penyedap di laga ini. Apalagi kepindahan Ozil ke Arsenal yang serba mendadak serta penuh misteri semakin menjadikan laga ini penuh dengan "kegalauan"

Arsenal juga akan jadi salah satu batu sandungan yang menyulitkan bagi Real Madrid. Performa The Gunners di kompetisi domestik sebagai pemuncak klasemen sementara BPL adalah sebuah cermin bagi Los Merengues untuk tidak mengganggap sebelah mata calon lawan yang satu ini. Arsenal saat ini bisa dikatakan sebagai tim terbaik dalam 8 tahun terakhir ini, selain performa para pemain nya yang meningkat tiap hari seperti Mesut Ozil, Oliver Giroud, Arron Ramsey merupakan sosok - sosok kunci di balik keberhasilan    mereka saat ini, dan posisi puncak klasemen mereka pun dapat terus bertahan dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini tentunya harus di waspadai betul oleh Los Merengues karena Arsenal pun adalah langganan di kompetisi tertinggi di Eropa ini walau tidak terlalu berprestasi. 

Statistik : Real Madrid baru bertemu 2 kali dengan Arsenal di Liga Champions Eropa tepatnya di 16 Besar Liga Champions 2005/2006. Saat di leg-1 dan bertindak sebagai tuan rumah, Real Madrid harus menerima kekalahan 0-1 melalui gol Thierry Henry. Kemudian saat tandang, Real Madrid hanya bermain imbang 0-0 dan ini mengakibatkan mereka gagal lolos ke perempat final, sedangkan Arsenal saat itu melenggang mulus ke babak final sebelum akhirnya kalah oleh Barcelona.

Vs Zenit
Diantara calon lawan yang bakal dihadapi, mungkin Zenit adalah salah satu klub yang bisa dikatakan terbawah diantara 16 perserta babak knock out Liga Champions musim ini. Hal in bisa dilihat rekapitulasi hasil pertandingan di fase grup, dimana Zenit adalah tim yang lolos ke 16 besar dengan point paling sedikit, yaitu 6 (1 menang dan 3 seri). Namun keberhasilan mereka melewati raksasa Portugal, FC Porto tentu itu suatu hal yang menakjubkan dan tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Real Madrid jika mereka bertemu di 16 besar ini. 

Statistik : Real Madrid dan Zenit baru bertemu 2 kali di Liga Champions Eropa, tepatnya di fase grup pada musim 2008-2009 dan kedua nya dimenangi Real Madrid dengan skor 1-2 saat bertandang ke Zenit dan 3-0 saat memainkan laga di Bernabeu.

Vs. AC Milan
Inilah salah satu partai menarik yang paling ditunggu - tunggu tentunya, 2 klub teratas pemilik gelar terbanyak Liga Champions Eropa. Ya, Real Madrid pemilik 9 gelar dan AC Milan tepat berada di bawah nya dengan 7 gelar. Nuansa Nostalgia dengan sang "Mantan Terindah" pun akan kembali tersaji disini dan Madridistas tentu sudah tahu, siapa lagi kalau bukan Kaka!. 5 tahun mengabdi di Real Madrid dari medio 2009-2013 adalah bukan waktu yang sedikit, meskipun Kaka sempat di bekap cedera, namun gol - gol serta permainan Kaka tentu bukan suatu hal yang mudah dilupakan oleh para Madridistas apalagi Kaka selalu menunjukan performa menawan saat di beri kepercayaan, sebuah profesionalisme yang selalu ditunjukan oleh nya. 

Tidak hanya Kaka, reuni sang "Mantan Terindah" juga berlaku bagi Carlo Ancelotti tentunya. Pelatih Real Madrid ini pun telah membawa kesuksesan bagi AC Milan di era Millenium. 3 kali final Liga Champions dari tahun 2003-2007 dan 2 diantara nya berhasil diraih ( 2003 & 2007 ), belum gelar domestik dan gelar yang ia raih saat mengabdi sebagai pemain AC Milan. 

Namun jika melihat kondisi terkini dari kedua tim memang dalam kondisi yang bisa dikatakan tidak seimbang, Real Madrid melenggang mulus di fase grup, sedangkan AC Milan harus memastikan nya sampai matchday terakhi, demikian juga yang terjadi di kompetisi domestik liga masing-masing masing jika diperbadingkan memang Real Madrid masih dalam posisi yang bagus. Tapi tetap saja Los Merengues tidak boleh meremehkan "DNA" AC Milan di Liga Champions ini yang selalu mengakar di dalam diri mereka. Rossonerro seolah punya nilai plus di kompetisi ini yang menjadi kekuatan mereka. Ditambah motivasi para pemain seperti Robinho dan Kaka yang pernah membela Real Madrid serta beberapa punggawa lain nya macam Ricardo Montolivo, Alesandro Matri dan lain - lain. Hal lain yang menarik tentunya adalah upaya AC Milan untuk menyamai raihan gelar Liga Champions milik Real Madrid akan jadi bumbu penyedap kedua klub historis ini.

Don Carlo akan jadi kunci di partai ini jika kedua nya bertemu karena ini akan jadi nilai plus bagi Real Madrid, mengingat ia sudah paham betul luar dalam nya AC Milan.

Statistik :  Real Madrid dan AC Milan telah 15 kali bertemu di Liga Champions Eropa ini dan berbagi angka sama ( Masing - masing meraih 6 kemenangan dan 3 kali seri ). Terakhir kali kedua tim ini bertemu yaitu pada fase grup Liga Champions musim 2010-2011. Pada pertemuan pertama di Bernabeu, Real Madrid mampu unggul 2-0 dan saat bertandang ke San Siro Los Merengues bermain imbang 2-2. 


Naah! Demikian para calon - calon lawan Real Madrid di fase 16 besar Liga Champions musim ini. Anda punya pilihan sendiri tentunya? Mari kita sama - sama tunggu hasil undian nya yang akan berlangsung pada hari senin tanggal 16 Desember 2013 pukul 18 WIB.


Hasta El Final Vamos Real!!




 
 










0 comments:

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar berunsur Spam dan Link aktif maupun statis akan dihapus. Demi kenyamanan dan transparansi, mohon maaf komentar "anonymous" tidak akan ditanggapi

Flag Counter