Hasta El Final - Vamos Real !!

Hasta El Final - Vamos Real !!

Mr. Spesial, Siempre Contigo En El Corazon.



Senin, 20 Mei 2012 waktu spanyol Real Madrid melalui Presiden nya resmi memberhentikan masa kerja pelatih mereka, The Special One, Jose Mourinho. Kontrak pelatih yang seyogya nya berakhir pada tahun 2016 ini atas kesepakatan bersama maka kontrak tersebut diberhentikan, demikian seperti di lansir situs realmadrid.

Mou yang dalam beberapa pekan terakhir ini memang menerima tekanan yang bisa dikatakan memang tidak sewajarnya menimpa dia. Kontribusi Mou selama 3 tahun seolah dilupakan oleh beberapa kalangan yang tidak menyenangi nya. Mou yang dikenal sebagai sosok yang vokal dan selalu memberikan komentar - komentar yang kontroversial selalu disudutkan dengan memanfaatkan situasi yang ada di Real Madrid saat itu. Sejak awal musim 2012 - 2013 ini isu keretakan terus membuntuti Real Madrid dan semuanya terus melibatkan Mourinho dengan para pemain nya, dari mulai Sergio Ramos, Mesut Ozil, Iker Casillas dan yang terbaru dengan Pepe. Media seolah tidak bosan - bosan nya membuat berita keretakan yang terjadi di Madrid. Objek Real Madrid sebagai klub tersohor di dunia benar - benar dimanfaatkan dalam hal ini. Mou sendiri tidak terlalu ambil pusing dengan hal ini, dia tetap terus membentengi para pemain nya agar tetap fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai, yakni gelar juara tentunya, meskipun pada akhirya setelah Piala Super Spanyol, tak satu pun gelar yang di dapat.

Mungkin pembaca masih ingat saat saya menulis berita "Madrid Harus Segera Bangkit." saat itu situasi yang terjadi di awal musim ini sampai dengan jeda adalah berada di level yang memburuk di Real Madrid. Isu keretakan dirinya dengan Ramos, isu "pemberontakan" para pemain karena Ozil yang dicadangkan Mou, sampai ketidak nyamanan Ronaldo terhadap klub yang ia tunjukan dengan tanpa melakukan selebrasi. Saat itu Mou berjanji sebelum libur jeda liga dengan mengatakan kepada Presiden Perez bahwa ia akan membenahi semua nya, termasuk posisi Madrid di kompetisi.


Hasilnya, Mou membawa Madrid kembali bisa bersaing dengan Barcelona dan mampu memenangi laga - laga penting termasuk di 8 laga awal sejak tahun 2013 Mou mampu melewati nya tanpa kekalahan serta partai - partai penting lain nya dan menjadikan keberhasilan mereka merangkak ke posisi 2 klasement menggeser Atletico dan mampu melewati hadangan Manchester United dan Galatasaray di 16 besar dan perempat final Liga Champions sebelum akhirnya disingkirkan Borusia Dortmund di Semifinal, yang mana ini menjadi semifinal ke-3 secara berturut - turut sejak Mou melatih Madrid. Demikian juga di Copa Del Rey Madrid di bawa Mou ke Final ke - 2 selama 3 tahun terakhir, dan penampilan penuh semangat saat Real Madrid mengalahkan rival abadi mereka Barcelona di Camp Nou dengan skor menyakinkan 1 - 3. 5 hari berselang Real Madrid kembali mampu mengalahkan Barca di Bernabeu dengan skor 2 - 1 walau hanya dengan skuad pelapis.

Memang pada akhinya catatatan - catatan hebat tersebut hilang dalam sekejap dengan Nir gelar baik di kompetisi domestik maupun Eropa - diluar Piala Super Spanyol -. Dan sampai akhirnya Mou harus pergi dari Real Madrid sebelum masa baktinya habis. Dalam konferensi pers nya Presiden Perez menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil oleh kedua belah Pihak ( Mou dan Real Madrid ), Perez juga menegaskan bahwa hubungan buruk dengan para pemain bukan lah yang menyebabkan diberhentikan nya pekerjaan Mourinho. "Mourinho telah menerima banyak tekanan dari media dengan hal yang tidak normal." begitu ungkap Perez seolah mempertegas kembali bahwa sejak awal memang media tidak suka dengan kehadiran sang entrenador di La Liga. Mungkin kita masih ingat juga dengan kutipan Mou dalam sebuah jumpa pers. "Aku tahu ada beberapa yang tidak menyukai ku berada disini, dan salah satunya yang ada di ruangan ini." begitu ucap nya dan sampai akhirnya Mou pun bilang bahwa "Aku ingin berada di tempat yang nyaman, dimana orang menghargai pekerjaan ku."


Sekarang Mou telah pergi, dan Mou sudah tidak putih lagi. Bagi saya secara pribadi Mou telah berjasa terhadap Real Madrid, terutama dalam membentuk mental sorang pemenang!. Tahun berapa terakhir kali Madrid mencapai semifinal Liga Champions sebelum kedatangan Mou? tahun 2003, artinya sudah 7 musim Real Madrid tidak merasakan Semifinal sebelum akhirnya Mou yang membawa El Real ke Semifinal, dimana sebelumnya Real Madrid hanya mampu menyelesesaikan perjuangan mereka sampai babak 16 besar atau 1/4 Final. Atau hal yang lain? berapa tahun Real Madrid harus menunggu untuk bisa medapatkan gelar Copa Del Rey ? 19 tahun! dimana terakhir adalah tahun 1992 dan 19 tahun kemudian yaitu tahun 2011 Mou mampu memutus rekor tersebut. Masih ada lagi kah ? Tentu, Mou adalah satu - satu pelatih Real Madrid yang mampu mencapai 100 point di La Liga serta rekor Gol terbanyak 121 Gol. Dan masih banyak lagi yang lain tentunya, termasuk meruntuhkan dominasi Barcelona sejak tahun 2009 sebelum akhirnya dipatahkan oleh Mou di tahun 2012. 



Mou benar - benar spesial, dan tentunya kita akan merindukan senyum, amarah, gaya selebrasi nya atau candaan nya. Tidak ada lagi teriakan Jose Mourinho sebanyak 4x di Bernabeu, tidak ada lagi yang akan menggendong Jose Callejon, tidak ada lagi sosok yang mampu membentengi para pemain nya di kala terpuruk, tidak ada lagi gaya selebrasi heroik sambil menyusur tanah.

Secara pribadi saya bukan lah sosok pegagum berat Jose Mourinho, bahkan saat Mou mendarat di Bernabeu dan Raul tidak ada dalam rencana proyek Mou dan dengan perubahan yang telah ia lakukan terhadap Real Madrid sejak ia mendarat musim 2010 - 2011 sangatlah berbeda dan berbanding terbalik dengan yang dilakukan para pendahulunya, membuat saya membuka pikiran bahwa Mou memang pelatih yang tepat bagi Real Madrid. Dan memang benar juga, pendekatan yang dilakukan Mou terhadap para pemainnya sangatlag berpengaruh. Ingat saat Varane yang masih muda belia mampu bermain seperti seorang pemain veteran, atau mungkin sosok Benzema yang bisa dibilang tidak ada apa - apa nya di musim 2009-2010 bahkan sampai di bilang "kucing", mampu diubah Mou jadi seorang "Macan".

Selamat Tinggal Jose Mourinho dan hanya ada satu orang yang special, The Only Special One "Jos Mario Dos Santos Mourinho Felix." Gracias Mourinho!

Hoy Manana Y Siempre Contigo En El Corazon Jose Mourinho.!!
















  





 



0 comments:

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar berunsur Spam dan Link aktif maupun statis akan dihapus. Demi kenyamanan dan transparansi, mohon maaf komentar "anonymous" tidak akan ditanggapi

Flag Counter