Hasta El Final - Vamos Real !!

Hasta El Final - Vamos Real !!

Ujian La Decima




Lama sudah rasanya saya tidak menulis di Blog ini, kesibukan yang menyerta dalam beberapa bulan terakhir ini memang cukup membuat waktu untuk meng-update berita cukup berkurang. Tapi baiklah, keinginan serta cita - cita saya sejak masa SMP jadi salah satu bagian dari media olahraga ternama di Indonesia selalu saya impikan, meski saat ini hal itu belum tercapai.

Saya akan menulis tentang seperti apa gambaran Real Madrid musim ini berdasarkan analisis dengan apa yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir setelah mereka meraih La Decima, atau gelar ke-10 Liga Champions. Julukan "Reyes de Europa" atau Raja Eropa bukanlah hal mudah alias perlu banyak perjuangan untuk meraihnya. 12 tahun pemain datang dan pergi silih berganti mengisi skuad Los Merengues, baik itu pemain maupun pelatih nya yang di sertai 2 era kepemimpinan yaitu era Florentino Perez dan Ramon Calderon. Tidak hanya itu, entah sudah berapa triliun yang harus di keluarkan oleh Real Madrid untuk kembali jadi penguasa di Benua Eropa. Lantas apakah hal itu sudah memastikan dan menasbihkan Real Madrid sebagai penguasa tetap di Eropa atau bahkan saat di Bulan Desember nanti kembali di nobatkan sebagai Raja Dunia? Inilah yang akan jadi PR di musim yang baru, saat semua tim tentu saja ingin mengalahkan Real Madrid demi sebuah kebanggaan dan tentu saja menjadi tekanan tersendiri bagi Real Madrid untuk mengarungi musim yang panjang serta lebih banyak lagi kompetisi yang harus mereka lalui.

"Mempertahankan itu lebih sulit dibanding meraih nya." Sebuah pepatah populer yang saat ini harus dihadapi oleh Real Madrid. Saya mencoba menganailis, hal - hal apa saja yang sekiranya di lakukan oleh Real Madrid demi meraih kejayaan di Eropa dan bahkan Dunia seperti yang pernah mereka lakukan 12 tahun yang lalu. Hal yang juga pernah diutarakan oleh Ancelotti bahwa siklus nya sudah dimulai saat ini, atau sebuah komentar yang pernah diutarakan oleh salah satu legenda mereka yang saat ini jadi asisten nya Don Carlo, Fernando Hierro bahwa "Jika Real Madrid sudah meraih La Decima segala nya akan mudah, sama seperti yang pernah kami lakukan sejak tahun 1998 sampai dengan 2002."

1. Toni Kross
Saya menempatkan nama Toni Kross sebagai bahasan pertama. Kedatangan pemain yang berhasil menjuarai Piala Dunia bersama Jerman tahun ini serta jadi pemain yang seharus nya jadi yang terbaik di Piala Dunia ini tentu jadi hal yang menurut saya akan sangat berguna. Real Madrid butuh sosok pemain yang mampu berposisi sebagai Deep Lying Midfielder demi menjaga tetap menjaga keseimbangan permainan. Kita masih ingat bukan, saat awal musim lalu bahwa hal yang selalu jadi masalah utama di formasi Real Madrid adalah keseimbangan, dan Ancelotti butuh hampir setengah musim untuk memperoleh nya. Kedatangan Kross yang di ikat selama 6 musim tentu bukan tanpa alasan untuk memecahkan masalah yang terjadi di awal - awal musim kemarin itu, dan tentunya kedatangan Kross jadi bagian proyek jangka panjang Real Madrid untuk terus menguasai Eropa dengan skuad muda dan berpengalaman. Xabi Alonso musim depan sudah berstatus free transfer dan Illarra masih harus banyak belajar untuk bisa lebih matang lagi, Jadi kedatangan Kross sangatlah tepat. Tidak hanya bisa mengisi posisi Alonso, Kross juga bisa berfungsi sebagai Attacking Midfielder bersebelahan dengan Luka Modric untuk menemani Xabi Alonso. 95 % passing complete yang dia lakukan di Piala Super Eropa lawan Sevilla kemarin jadi bukti awal.

2. Formasi 4-3-3
Ancelotti tentu akan tetap menggunakan formasi offensif ini. Formasi penghasil La Decima ini tentu tetap jadi patron Don Carlo untuk mengarungi musim yang panjang dan kompetisi yang lebih banyak diikuti. Meski lawan - lawan sudah ada yang paham dengan formasi ini, namun sedikit perubahan yang di lakukan oleh Ancelotti setidak nya juga bisa menambah PR bagi calon lawan - lawan nya nanti. Musim lalu, Angel Di Maria mampu bermain dengan baik bersama Alonso dan Modric di lini tengah dan plus nya adalah Di Maria mampu bermain juga memainkan peran nya dengan megandalkan kecepatan untuk menyisir sisi lapangan, terutama di sisi kiri. Lantas bagaimana untuk musim ini? Ancelotti tampak nya ingin menitik beratkan kepada lebih banyak kolektifitas di lini tengah. Di Maria hampir pasti akan pergi, dan praktis pelari - pelari cepat Real Madrid berkurang, sehingga Trio Alonso, Kross, Modric atau Kross, Modric, Isco atau James akan jadi trio baru di lini tengah Real Madrid. Sejujurnya saya sendiri lebih cenderung agar Angel Di Maria di pertahankan karena bisa dijadikan alternatif di posisi lain saat Ronaldo, Bale atau bahkan salah satu dari trio lni tengah berhalangan tampil. Hanya saja faktor non teknis seperti, kenaikan gaji serta ancaman posisi yang tidak reguler jadi pertimbangan Di Maria tetap ingin pergi. Apa kabar dengan Khedira ? Kasus nya kurang lebih sama dengan Di Maria, jikalau memang tetap tinggal pun, bangku cadangan tentu akan menjadi teman nya dan tentu hal yang harus di cari solusi segera bagi Khedira dan juga Real Madrid. Kesimpulan nya untuk hal ini mau tidak mau Di Maria dan Khedira harus di relakan pergi, sesuai dengan keinginan mereka, agar Don Carlo bisa lebih fokus dengan skuad yang ada saat ini.

3. Memaksimalkan Waktu Yang Sedikit
Jika musim lalu Ancelotti punya lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan skuad nya, namun saat ini praktis Ancelotti baru bisa mengumpulkan skuad nya secara lengkap di awal Agustus dikarenakan ada Piala Dunia dan pemain yang berpartisipasi di dalam nya praktis terlambat untuk berkumpul. Ancelotti berpacu dengan waktu saat ini, karena saat dua minggu seusai semua skuad nya berkumpul, Don Carlo harus memastikan pemain - pemain baru nya segera beradaptasi dengan suasana tim yang baru baik di dalam maupun di luar lapangan, selain itu Ancelotti harus memastikan bahwa skuad utama sudah siap saat memulai kompetisi di musim yang baru. Karena saat baru berkumpul semua, Ia sudah harus mempersiapkan untuk bermain di 2 Piala Super dalam kurun waktu 2 minggu, dan tentu nya ini jadi tantangan bagi diri nya. Kedatangan pemain - pemain baru juga jadi PR untuk nya agar mereka segera bisa menyatu ke dalam skuad, namun untungnya hal tersebut berbanding lurus dengan ketersediaan waktu karena jumlah pemain baru yang bergabung tidak sebanyak musim lalu. "Aku merasa skuad ku saat ini akan lebih baik dibanding musim kemarin." Begitu ujar Don Carlo saat presson nya seusai menjuarai gelar Piala Super Spanyol dengan nada puas.

4. Striker
Sudah sejak musim lalu, hal ini memang jadi bahan perbincangan media masa di Spanyol maupun di beberapa media lain nya. Tidak ada yang salah memang dengan komposisi lini depan Real Madrid musim lalu, karena pelapis Benzema sebagai striker utama cukup menjanjikan yang mana ada dalam diri Morata dan Jese Rodriguez, 2 pemain masa depan Real Madrid. Hanya saja performa Benzema yang sering naik turun, Morata yang minim kesempatan dan Jese yang harus menepi di 4 bulan sisa akhir musim lalu tentu harus jadi catatan penting bagi Ancelotti. Untuk kasus Benzema, tampaknya manajemen masih percaya dengan diri nya, termasuk juga dengan Ancelotti yang menyatakan bahwa Ia tidak perlu opsi lain untuk lini depan, alais sudah puas dengan skuad yang ada. Barangkali lain cerita nya jika ada Striker lain yang bisa jadi pesaing bagi Benzema, bukan berarti saya tidak yakin dengan kemampuan Benz, hanya saja akan lebih baik lagi jika ia punya pesaing yang sepadan. Jese ? Selalu ada harapan terhadap pemain muda potensial yang satu ini, hanya saja Jese masih butuh waktu untuk bisa pulih dengan maksimal, belum dengan adanya kemungkinan akan kekhawatiran dalam dirinya yang memang baru mengalami cedera yang cukup lama di usia yang masih muda. Jadi untuk hal ini, sepertinya Real Madrid memang tidak akan melakukan perubahan, atau setidaknya mungkin saja mereka akan melihat hingga jeda kompetisi.

5. Menghiasi Rumah
Terakhir, mungkin Saya berpikiran sama dengan Ancelotti bahwa sudah saat nya Real Madrid saat ini menghiasi rumah mereka. Artinya, fokus saat ini adalah bagaimana caranya mengembalikan kejayaan Real Madrid di Eropa dan Dunia dengan raihan gelar. Adapun tambahan skuad yang ada saat ini, dan kebetulan sedikit hanya untuk tambal sulam saja, bukan untuk merubah secara signifikan tim juara yang sudah ada. Motivasi tinggi lain nya adalah keinginan untuk meraih sisa 4 gelar ( La Liga, Copa del Rey, UCL, Piala Dunia Antar Klub ) dari 6 gelar yang harus di raih di musim ini -Saat ini baru Piala Super Eropa dan gagal di Piala Super Spanyol - Satu hal lagi yang jadi titik berat Ancelotti adalah soal kenyamanan bermain bagi para pemain nya, untuk hal yang satu ini, Saya sangat percaya kepada Mr. Peace Maker bahwa ia bisa memberi kenyamanan bermain bagi para pemain nya, termasuk pemain baru seperti Toni Kross, James Rodruguez maupun Keylor Navas.

In Ancelotti We Trust!

Hala Madrid!








0 comments:

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, komentar berunsur Spam dan Link aktif maupun statis akan dihapus. Demi kenyamanan dan transparansi, mohon maaf komentar "anonymous" tidak akan ditanggapi

Flag Counter